Donnarumma Pemain Terbaik Euro 2020, Cemerlang Mengawal Gawang

Donnarumma Pemain Terbaik Euro 2020, Cemerlang Mengawal Gawang

Kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma dipilih sebagai pemain terbaik Euro 2020. Ini merupakan pertama kalinya gelar player of the tournament diberikan kepada penjaga gawang.

Tim Technical Observers UEFA di Euro 2020 tidak ragu menetapkan kiper berusia 22 itu sebagai pemain terbaik. Meski masih muda, Donnarumma sudah mengoleksi 33 caps Timnas Italia.

Peran besar Donnarumma terjadi pada partai final Italia versus Inggris. Ia melakukan dua penyelamatan penalti dalam drama tos-tosan di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Pada laga puncak ini, Italia menang 3-2 atas The Three Lions. Adu penalti dilakukan setelah 90 menit dan perpanjangan waktu 2×15 menit selesai 1-1. Tiga eksekutor Inggris gagal, dengan dua di antaranya diselamatkan Donnarumma.

Statistik Donnarumma

Performa Donnarumma yang istimewa di lapangan tergambar dari statistik. UEFA merekam beberapa data dari kiper yang pada musim panas ini menolak perpanjangan kontrak dari AC Milan dan pergi ke Paris Saint-Germain (PSG).

Sejak babak penyisihan grup hingga partai final, Donnarumma mencatat 719 menit bermain. Ia tidak kebobolan dalam tiga pertandingan fase grup melawan Turki yang berakhir dengan skor 3-0, Swiss (3-0), dan Wales (1-0).

Untuk jumlah kebobolan di turnamen ini, gawang Donnarumma tercatat jebol empat kali. Masing-masing saat melawan Austria pada babak 16 besar, perempat final menghadapi Belgia, semi final kontra Spanyol, dan final versus Inggris.

Namun dicatat UEFA, Donnarumma dua kali berperan besar dalam adu penalti. Pertama saat babak semi final melawan Spanyol dan terbaru menghadapi Inggris di final.

Kiper Pertama Jadi Pemain Terbaik

Penetapan pemain terbaik di ajang Euro pertama kali dilakukan pada 1996. Sejak saat itu, baru sekarang ini gelar pemain terbaik diberikan kepada kiper.

Pada 1996, gelar ini diberikan kepada Matthias Sammer dari Jerman, posisi bek. Edisi 2000 yang terpilih adalah Zinedine Zidane dari Prancis.

Lalu 2004 buat Theodoros Zagorakis dari Yunani, posisi pemain tengah. Kemudian Euro 2008 pemain terbaiknya adalah Xavi Hernandez, posisi gelandang dari Spanyol.

Kemudian Euro 2012 dari Spanyol lagi, tetapi kali ini buat Andres Iniesta. Pada 2016 yang menjadi pemain terbaik adalah Antoine Greizmann dari Prancis, yang di partai final kalah dari Portugal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *