Trigol Alan Shearer Remaja Kandaskan Arsenal

Trigol Alan Shearer Remaja Kandaskan Arsenal

Trigol Alan Shearer Remaja Kandaskan Arsenal – Tanggal 9 April lebih dari tiga dekade lalu, remaja 17 tahun jadi starter untuk kali pertama dan langsung bikin trigol ke gawang Arsenal. Namanya Alan Shearer.

Shearer, yang kini jadi legenda timnas Inggris, merintis karier sepakbola di Southampton. Mulai dari jenjang akademi di tahun 1986, ia butuh dua tahun untuk dipanggil masuk ke tim utama.

Debut profesionalnya untuk The Saints terjadi pada 26 Maret 1988. Saat itu Shearer menjadi pemain pengganti dalam laga melawan Chelsea, di Divisi Satu yang saat itu jadi divisi teratas sepakbola Inggris sebelum era Premier League.

Dua pekan berselang, tepat di tanggal 9 April 1988 alias 32 tahun silam, Shearer berhasil mencuri perhatian seantero Inggris melalui debut penuhnya saat Soton menjamu Arsenal.

Dikisahkan, Shearer baru tahu akan jadi starter beberapa jam sebelum laga. Itu pun dikarenakan pemain lain, Danny Wallace, gagal melewati tes kebugaran.

Trigol Alan Shearer Remaja Kandaskan Arsenal

Kesempatan itu tidak disia-siakan Shearer. Ia membuat timnya unggul lebih dulu lewat sundulan. Arsenal sempat menyamakan kedudukan, tapi Southampton bisa kembali unggul 3-1 lewat gol Shearer dan Mark Blake.

Di babak kedua, Shearer bahkan melengkapi trigolnya lewat gol di menit ke-49. The Gunners pada akhirnya cuma bisa menipiskan kekalahan jadi 2-4 lewat gol Paul Davis.

Shearer menyudahi hari dengan mencetak hat-trick ke gawang Arsenal dalam debut penuhnya di usia 17 tahun dan 240 hari. Tapi Chris Nicholl, manajer Southampton saat itu, tak mau Shearer besar kepala.

“Setelah pertandingan, Chris bilang kepadaku, ‘sampai jumpa besok, kamu kembali membersihkan semua kit dan sepatu!’,” ujar Shearer mengenang, dalam sebuah wawancara dengan The Sun medio 2018.

Shearer lantas menjadi pencetak gol andal di Southampton, Blackburn Rovers, dan Newcastle United. Ia mencetak 379 gol di seluruh ajang buat klub-klubnya, termasuk 260 gol di Premier League yang menjadikannya pemain tersubur ajang itu sampai detik ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *