Kepindahan Messi Mungkin Bukan Batal

Jakarta – Saga transfer Lionel Messi sudah berakhir, paling tidak untuk saat ini. La Pulga akan bertahan di Barcelona, tapi jendela kepergian sebenarnya masih tetap terbuka.

Pada awal pekan lalu Messi mengejutkan dunia sepakbola seiring kabar sudah mengajukan permintaan resmi kepada Barcelona agar bisa meninggalkan klub Catalan secepatnya pada musim panas.

Kontrak Messi di Barcelona sejatinya masih akan bertahan sampai musim panas tahun depan. Tapi kubu megabintang asal Argentina itu mengklaim adanya klausul khusus yang memungkinkannya pergi musim panas ini, tanpa perlu memenuhi klausul pelepasan 700 juta euro.

Pada prosesnya, Lionel Messi memutuskan untuk bertahan. Salah satu alasannya adalah karena tak sampai hati berperkara sampai ke meja hijau dengan Barcelona, klub yang ia cintai.

Ya, Messi sudah mengakhiri saga transfer kali ini. Tapi patut diingat bahwa pesepakbola 33 tahun tersebut tetap memiliki kontrak yang akan habis pada musim panas tahun depan.

Dengan kata lain, jika situasi tetap seperti sekarang ini, kepindahan Lionel Messi dari Barcelona hanyalah tertunda alih-alih batal. Dengan kontraknya akan habis pada 30 Juni 2021, Messi sudah bebas bernegosiasi dengan klub lain pada 1 Januari mendatang untuk kemudian bergabung dengan klub manapun secara bebas transfer selepas masa kontraknya habis di Barcelona.

Andy Brassell, pakar persepakbolaan Eropa yang dikutip talkSPORT, pun menilai bahwa akan ada hal-hal krusial yang terjadi dalam beberapa bulan ke depan. Tepatnya, sebelum proses pemilihan presiden baru Barcelona pada Maret 2021 mendatang.

“Jadi mesti ada kandidat presiden yang berani maju dan bilang, ‘aku bisa membenahi klub ini dan bikin Messi bertahan’. Ada banyak hal yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan dan berkaitan dengan pemilihan presiden,” katanya.

“Karena tentu saja, dalam rentang dua bulan antara 1 Januari sampai dengan Barcelona punya presiden baru (Maret), ia (Messi) bisa saja sudah memutuskan bergabung dengan klub lain,” ucapnya.

Andy Brassell percaya bahwa Lionel Messi pada dasarnya cenderung ingin bertahan di Barcelona yang sudah ia anggap sebagai rumah sendiri. Messi cuma butuh bujukan dari kandidat presiden yang ia percaya.

“Entah apakah itu Joan Laporta atau yang lain. Seseorang yang ia percaya bisa membawa Barcelona kembali ke posisi yang bagus,” ucapnya seputar masa depan Lionel Messi di Barcelona.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *