Arsenal Butuh Jangkar yang Bagus

Arsenal Butuh Jangkar yang Bagus

Arsenal Butuh Jangkar yang Bagus – Arsenal terus beradaptasi dengan gaya bermain Mikel Arteta. Satu hal yang diyakini bisa meningkatkan Arsenal secara signifikan adalah gelandang jangkar baru.

Arsenal mulai menemukan konsistensi sejak kedatangan Arteta sebagai manajer anyar pada akhir Desember tahun lalu. Setelah berimbang dan kalah di dua laga pertama, The Gunners kemudian membaik dengan tiga kemenangan dan empat kali imbang di tujuh pertandingan.

Anak-anak London utara itu lantas menunjukkan progres lebih lanjut, dengan meraih lima kemenangan di enam pertandingan, di mana satu laga lainnya berakhir kalah. Meski demikian, dalam periode itu pula Arsenal tersingkir dari Liga Europa.

Di Premier League, Arsenal masih berusaha mendekati empat besar. Kini Mesut Oezil dkk ada di urutan sembilan dengan 40 poin dari 28 laga, tertinggal delapan poin dari Chelsea di urutan empat yang memainkan satu laga lebih banyak.

Arsenal Butuh Jangkar yang Bagus
Arsenal Butuh Jangkar yang Bagus

Eks gelandang Arsenal Paul Merson menilai satu titik yang perlu diperbaiki Arteta adalah di posisi jangkar. Posisi itu musim ini dipercayakan kepada Granit Xhaka, yang selama ini dikritik karena rentan melakukan kesalahan.

“Posisi gelandang jangkar adalah bagian masif dari sepakbola sekarang ini. Saya rasa beberapa orang melihat posisi itu dan berpikir bisa dengan mudah memainkannya,” ungkap Merson dikutip Sky Sports.

“Mereka merasa bahwa mudah saja bermain di depan lini empat bek dan mengumpan 4-9 meter setiap kali menguasai bola, tapi itu sangat sulit lho. Sangat sulit untuk tak terlibat di permainan, tetap sabar, dan tetap di posisi.”

“Chelsea sempat dikaitkan dengannya, tapi saya tak tahu kenapa Arsenal belum memantau Declan Rice. Arsenal sangat butuh gelandang jangkar. Mereka tak butuh gelandang yang akan berada di tepi kotak penalti lawan.”

“Mereka butuh gelandang bertahan yang disiplin, yang akan bertahan di depan lini empat bek dan mengatur permainan. Seseorang yang ketika mendapatkan bola, mengopernya dengan simpel,” sambungnya.

Merson menyarankan Arsenal serius mempertimbangkan Declan Rice dari West Ham United. Apalagi usianya masih muda, 21 tahun.

“Pemain seperti Rice bisa membiarkan para penyerang untuk bermain leluasa dan memberikan para bek tengah kesempatan untuk jadi pemain lebih baik. Saya tak peduli dengan siapa Anda di sepakbola,” sambung Merson.

“Paolo Maldini, Franco Baresi, Alessandro Costacurta, dan bahkan Virgil van Dijk, kalau orang-orang menyerang Anda dari kiri, kanan, dan tengah setiap menitnya, mereka akan melewati Anda di beberapa kesempatan.”

“Di sanalah perlindungan yang bagus di depan lini empat bek berperan dan setiap tim membutuhkannya,” imbuh peraih dua medali juara Liga Inggris bersama Arsenal ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *